Menyikapi Berita Hoax




Berita hoax menjadi tren pada akhir tahun 2016. Kali ini saya ingin menuliskan pendapat saya tentang beberapa factor dan akibat yang akan timbul dari berita hoax. Namun apa sih berita hoax itu?

           Hoax = (Inggris) artinya tipuan, menipu. berita bohong ,berita palsu atau kabar burung . Jadi dapat dikatakan bahwa Hoax adalah kata yang berarti ketidak benaran suatu informasi .
Hoax bukan singkatan tetapi satu kata dalam bahasa inggris yang punya arti sendiri. Sedangkan definisi Hoax menurut wikipedia adalah :
"Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu. ."

Sumber

Dapat saya simpulkan dari beberapa pernyataan diatas berita hoax yaitu berita yang belum jelas kebenarannya dan tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Maka dari itu berita hoax sangat meresahkan bagi masyarakat. Apalagi didalam masyarakat kita yang sangat mudah percaya pada suatu berita. Hingga mudah terprovokasi dan juga bisa-bisa menguntungkan pihak tertentu. Beberapa factor yang menurutku mengapa berita hoax semakin marak dimasyarakat.
1.      Masyarakat kita kurang memiliki ilmu pengetahuan yang cukup untuk dapat menyaring atau menfilter berita yang mereka dapatkan. Sehingga mudah termakan kata-kata dari sebuah berita hoax.
2.      Kita lebih tertarik berita hoax karena biasanya berisi himbauan atau ajakan untuk membagikan atau share kepada teman-teman kita. Mungkin dalam benak kita apa sih salahnya berbagi? Ya memang tidak salah. Tapi tunggu dulu memang tidak berdampak apapun bagi kita namun ada banyak masyarakat yang ikut membaca berita tersebut.
Itulah pendapat saya akan beberapa factor yang membuat berita hoax semakin popular. Lalu apa dampak yang akan ditimbulka jikaa berita hoax semakin marak muncul.
1.      Akan banyak kesalah fahaman kepada pihak-pihak tertentu. Bahkan yang paling buruk dapat memecah belah bangsa kita.
2.      Dapat mengancam kestabilan kita dalam berdemokrasi. Seperti kasus pada akhir tahun 2016 yang bertepatan dengan pemilihan Gubernur DKI Jakarta.
3.      Dapat menyesatkan orang lain.
Nah itulah beberapa dampak yang dapat ditimbulkan dari sebuah berita hoax. Maka dari itu sebaiknya kita lebih cerdas dalam mengolah informasi yang kita peroleh. Akan lebih baiknya kita tidak mudah percaya pada suatu informasi seharusnya kita terlebih dalulu mencari kebenaran dari berita tersebut.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Sosial Media

Hai! Nama saya Agung Prasetyo N dan biasa di panggil Agung. Saya masih seorang pelajar di SMA. Saya berasal dari Boyolali. Read More..

Total Pageviews

Blog Archive

Entri Terbaru