Apa Sih Susahnya Jujur?

Pengertian
 Jujur adalah ungkapan kata yang sesungguhnya sesuai dengan apa yang kita lihat, kita dengar, dan kita rasakan tanpa mengurangi atau menambahkan satu hal apapun didalamnya.
Simple kan bro sist? Gampang kan? Terus kok kayaknya susah banget ya buat dilakuin? Coba kita ulas lagi dibawah 

Penyebab

Oke gan tadi udah ane jelasin pengertiannya jujur, terus kenapa masih susah aja sih? Padahal menurut definisinya gampang kan?
Dari beberapa penelitian yang ane lakuin dan ane alami sendiri, ane menyimpulkan ada beberapa penyebab orang tidak berkata jujur alias berbohong, diantaranya adalah :

1. Takut Dimarahi




Alasan yang paling sering ane temuin adalah karena takut dimarahin, entah sama atasan, sama orang tua, sama pacar, atau bahkan sama mantan
Akhirnya seseorang mengambil jalan pintas untuk berbohong agar "kedamaian" tetap tercipta semestinya. Ya elah bahasa ane

2. Untuk Menutupi Kekurangan
Berikutnya adalah karena agar terlihat lebih atau sama dengan lawan bicaranya. Karena kita ingin dihormati, sama seperti kita menghormati mereka. Sayangnya, berbohong justru akan membuat kita lebih tidak dihormati pada akhirnya. Berikan lebih banyak waktu untuk mereka dapat berempati dan memahami ente lebih dalam.
3. Tidak Ingin Menyakitin Orang Lain 
 Alasan ketiga yang sering ane denger adalah karena nggak mau nyakitin orang lain. Lha kalo ente gak mau nyakitin orang lain kenapa ente lakuin hal yang gak semestinya? Simple kan?

 4. Cara Paling Gampang


 Banyak yang merasa berbohong merupakan cara yang paling gampang dalam menyampaikan sesuatu daripada harus jujur yang menurut mereka terlalu berbelit-belit. Hmmm nggak juga kok.

 5. Kebiasaan


 Yang terakhir menurut ane adalah karena udah jadi kebiasaan. Kalo yang ini biasanya kita udah sering mergokin tapi si pembohong terus aja dengan pedenya berbual ke kita karena doi udah biasa ngomong gak jujur. Saran ane jauhin deh orang kayak begini

Menurut ane 5 alasan utama itu yang membuat seseorang akhirnya memilih untuk berbohong demi keamanan diri sendiri dan orang lain
Padahal kalo kita berbohong itu malah akan menjerumuskan diri kita sendiri lho guys. Dengan bohong maka image ente akan jelek, reputasi buruk, nggak dipercaya orang lain, masih banyak lagi.

 Cara Untuk Jujur
 Oke mari kita hindari sikap suka berbohong karena akan merugikan diri kita sendiri dan juga orang lain guys. Yuk mari dari diri sendiri kita biasakan untuk berkata jujur apa adanya walaupun terkadang jujur itu menyakitkan
Ane coba bagikan beberapa cara atau tips untuk membiasakan berkata jujur bagaimanapun keadaannya. Ini dia tipsnya : 

1. Yakinkan Diri Sendiri 

 Cara yang pertama yaitu yakinkan atau tanamkan pada diri sendiri bahwa ente adalah seseorang yang jujur. Dimulai dari bangun tidur katakan pada diri sendiri dalam hati ente memang orang yang jujur, terus lakukan secara rutin saat mandi, saat berangkat kerja atau kantor, di sekolah atau kantor.
Secara tidak langsung otak akan merekam dan menstimulus perkataan tadi sehingga akan berdampak pada perilaku ente nantinya.
 2. Berpikir Sebelum Berbicara
  

Usahakan selalu berpikir dahulu sebelum berbicara, dengan berpikir dahulu maka ente akan mengetahui dampak kebelakangnya yang akan diperbuat jika harus berkata A, B, C, dan seterusnya.


3. Menghukum Diri Sendiri

Coba ente terapin kalo dalam sehari ada perkataan yang tidak jujur ente akan menghukum diri sendiri. Hukuman terserah dari ente tapi harus memiliki efek jera. Misal ente hobi ngaskus, bikin hukuman kalo ente bohong ente gak bakal buka kaskus sehari, pasti ente bakal tersiksa dan ente gak bakal ulangin lagi besoknya.

4. Jadilah Diri Sendiri

 Yap bro sist, be yourself. Banggalah akan diri sendiri, terkadang kita berbohong agar kita terlihat lebih padahal itu bukanlah diri kita. Berbanggalah dan yakinlah terhadap diri kita sendiri, hidup akan terasa lebih indah kalo kita mensyukuri apa pemberian Tuhan kok.

5. Hindari Lingkungan yang Buruk 


Jika kita berada di lingkungan yang isinya hanyalah orang-orang pembual, atau kita selalu dipaksa / dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita berbohong, lebih baik tinggalkan. Masih banyak kok lingkungan yang lebih baik guys.

6. Lakukan Hal yang Semestinya
 Jika ente mendapat amanah harus melakukan A, lakukanlah A, dan seterusnya. Jangan pernah berbuat hal lain yang bisa berakibat lebih buruk karena itu akan memicu ente untuk menutupinya dan berbohong.

7. Lakukan Improvement


 Memang merubah kebiasaan berbohong menjadi jujur sangat susah. Lakukan perlahan-lahan sedikit demi sedikit, secara tidak langsung ente udah melakukan improvement setiap harinya dan lihat hasilnya jika ente konsisten, pasti ente akan jadi orang yang sangat jujur. 

Dampak Jika Kita JujurSetiap kebaikan pasti akan memberikan keuntungan, begitupula kalo kita jujur guys. Banyak dampak positif untuk kita sendiri yang akan kita peroleh lho, diantaranya :

1. Dipercaya Orang Lain


 Jika kita jujur, kita pasti akan dipercaya orang lain karena kita selalu berkata apa adanya. Berbeda dengan kita berbohong, orang pasti sudah ngacir pergi jauh dari kita guys.
 2. Membuat Image Lebih Baik


 Dengan jujur, orang akan memandang diri kita lebih baik dibanding dengan orang yang suka berbohong. Orang lain pasti akan lebih simpatik dan juga akan lebih menghargai diri kita sendiri serta memberikan rasa hormat yang tinggi. Tapi kita juga harus membumi lho ya, jangan jadi sombong

3. Membentuk Karakter
 Reputasi bisa dibuat dalam sekejap tapi karakter dibangun dalam seumur hidup. Setiap kejadian dari hidup dan setiap proses dalam hidup, ente membangun karakter diri. Jika ditambahkan dengan kejujuran, orang lain akan menganggap ente sebagai orang yang memiliki nilai-nilai yang tinggi, karena kejujuran adalah yang terbaik dari semua kebajikan. 

4. Lebih Bertanggung Jawab dan Bijaksana Ente akan menjadi orang yang lebih bertanggung jawab dengan segala resiko yang ente terima jika berkata jujur. Selain itu akan membentuk ente menjadi kuat mental karena selalu bertanggung jawab atas segala perbuatan serta menjadi seseorang yang lebih bijaksana karena ente sudah berpikir segala konsekuensinya jika ente jujur.

5. Tidur Lebih Nyenyak 
 Kenapa ane bilang gitu, soalnya kalo ente bohong pasti ente akan terbawa kedalam pikiran dan selalu menghantui karena bohong bertentangan dengan hati nurani seorang manusia, membuat tidur ente jadi nggak nyenyak. Berbeda kalo ente selalu jujur, pulang sampai ke rumah kagak ada yang ente pikirkan dan bisa tidur dengan nyenyak donk
 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Sosial Media

Hai! Nama saya Agung Prasetyo N dan biasa di panggil Agung. Saya masih seorang pelajar di SMA. Saya berasal dari Boyolali. Read More..

Total Pageviews

Blog Archive

Entri Terbaru